Menjelajahi jalanan di negara kita memang memerlukan alat transportasi yang efisien, selain kemacetan yang merajalela, ongkos bbm yang semakin melambung membuat kita harus pintar memilih media transportasi tersebut.
Selain menggunakan transportasi umum, sepeda motor adalah pilihan cerdas dalam mengarungi perjalan pengendara menuju tempat tujuan. Selain mudah menyelip, sepada motor juga tidak memakan biaya semalah mobil dalam hal perawatan berkala serta budget sparepartnya.
Namun ada saja kendala yang dihadapi pengendara moda transportasi baik umum maupun pribadi. Jika kita menggunakan kendaraan umum ketepatan waktu, tarif perjalanan serta konsekuensi antrian menjadi tantangan. Namun apabila kita lebih memilih kendaraan pribadi, perawatan, kredit atau biaya pembelian, ongkon bensin itulah yang menjadi tantangannya.
Menilik kebutuh pada kendaraan pribadi terkhusus motor, hal inilah yang akan menjadi topik pembahasan kali ini. Motor dinilai memiliki biaya maintenance (pemeliharaan) yang relatif ringan dibandingan dengan mobil. Harga satu ban mobil bisa saja mendapat empat ban motor apabila nilainya di rupiahkan. Atau satu aki mobil bisa mendapat empat aki mobil.
Walaupun terlihat lebih murah bukan berarti murah bagi semua, bagi sebagian kalangan menyetrum accu (aki) motor jauh lebih hemat daripada harus membeli aki second atau malah baru. Bahkan sebagian orang lebih memilih membeli ban luar bekas yang diukir ulang daripada harus merogoh kocek dalam-dalam. Itulah gambaran bagimana masyarakat memilih sesuatu hal yang lebih murah.
Permasalahan electric starter biasanya akan dikaitkan dengan aki yang soak. Padahal belum tentu itu benar sepenuhnya. Suatu ketika saya membeli aki motor baru, selang tiga bulan motor tidak bisa nyala jika tidak di engkol, akhirnya saya memutuskan untuk menyetrumkan aki kering tersebut. Namun nihil yang didapat.
Walaupun aki itu baru, bukan jaminan utama bahwa kualitasnya bagus. Ingat, accu atau orang lebih akrab menyebutnya aki adalah salah satu dari sedikit sparepart yang tidak mendapat garansi di bengkel motor pada umumnya. Alhasil saya memutuskan kembali ke bengkel untuk mengganti aki baru dengan harapan permasalahan sepele tapi memusingkan ini segera berakhir.
Tibalah kembali saya ke bengkel dekat tempat tinggal saya, saya langsung menjelaskan keluhan saya dan meminta mekanik untuk mengganti aki lama dengan yang baru. Selang beberapa saat, salah satu mekanik bengkel tersebut menghampiri saya dan menjelaskan kemungkinan lain yang menjadi penyebab electric starter motor saya tidak berfungsi dengan baik. Mekanik tersebut memperkirakan bahwa penyebabnya adalah hangusnya arang kumparan pada dinamo starter. Saya lantas menanyakan perihal biaya, ternyata jauh lebih murah ketimbang harga aki. Pun aki saya bisa jadi tidak soak sama sekali. Akirnya saya ijinkan mekanik memperbaiki dinamo starter motor saya.
Menunggu kurang lebih satu jam karena berbarengan dengan pengerjaan motor lain yang di servis di situ. Akhirnya saya mendapat jawaban pasti. Yap, electric starter motor saya sudah bisa bisa berfungsi dengan kerusakan sesuai analisis mekanik jujur tersebut. Sayapun merogoh kocek tidak sampai seratus ribu sudah dengan biaya jasanya. Dalam hati saya berfikir, andaikan mekanik ini tidak jujur,bisa saja saya kena biaya ganti aki plus lain-lainnya padahal aki motor saya ternyata normal-normal saja.
Ternyata ada banyak kemungkinan penyebab electric starter motor dapat mengalami malfungsi, pertama adalah switch starter yang berfungsi sebagai sakelar elektromagnetik untuk memutuskan dan menyambungkan suatu arus listrik. Kedua adalah bendik yang bertugas memicu aliran listrik dari api yang kemudian akan disalurkan menuju dinamo starter. Apabila bendik ini mengalami kerusakan otomatis aliran listrik dari aki tidak akan tersalur. Ketiga adalah dinamo starter, yang mana menjadi masalah utama saya, dalam dinamo starter terdapat semacam arang yang apabila kumparannya terputus akan membuat dinamo tidak bekerja. Keempat barulah aki soak yang menjadi indikator terakhir mengapa electric starter tidak bekerja atau malfungsi.
Semoga para pembaca bisa lebih mawas dan tidak gegabah menganalisa kerusakan part motor yang malah membuat kita bangkrut sendiri, alangkah lebih baik apabila kita mau bertanya dengan bengkel atau mekanik yang sudah kita kenal jujur serta ahli dalam masalah perbaikan motor. So, electric starter yang mati tidak melulu soal aki !
Komentar
Posting Komentar